Sesak Nafas Saat Hamil Tua Harus Berbuat Apa Ya?

Sesak Nafas Saat Hamil Tua Harus Berbuat Apa Ya?Sesak nafas yang dirasakan oleh para ibu hamil biasanya akan hadir pada trimester akhir. Lazimnya keadaan tersebut adalah hal yang umum terjadi, walaupun di beberapa kasus yang terjadi, hal tersebut bisa menjadi tolak ukur atau perimeter akan adanya penyakit yang serius.

Sesak Nafas Saat Hamil Tua Harus Berbuat Apa?

Sesak Nafas Saat Hamil Tua

Di trimester ke-3 saat kehamilan, tubuh ibu hamil memerlukan penyesuaian yang lebih dari biasanya, penyesuaian dilakukan, karena janin (jabang bayi) terus-menerus berkembang menekan diafragma ibu hamil. Tekanan pada diafragma tersebut akan membuat posisi janin naik kurang-lebih 4cm. Sesak nafas saat hamil tua dikarenakan tekanan rahim yang membesar seiring perkembangan janin. Apalagi, bila ibu hamil memiliki air ketuban yang berlebih ataupun mengandung bayi kembar.

Penyebab Sesak Nafas Pada Ibu Hamil

Ketika hamil, hormon progesteron akan meningkat dan merangsang pusat pernafasan di otak, maka hal tersebut akan menghadirkan pengaruh secara langsung bagi organ paru-paru. Tubuh ibu hamil akan menyesuaikan dalam mengabsorpsi oxygen dengan lebih baik lagi. Perubahan tersebut tak akan nampak di laju pernafasan, akan tetapi lebih nampak di kedalaman bernafas. Keadaan itulah yang bisa juga membuat Sesak Nafas Saat Hamil Tua.

Sesak Nafas Saat Hamil Tua Apa Berbahaya?

Umumnya, selama tak memberikan dampak negatif pada ibu hamil dan bayinya, maka tak dianggap berbahaya. Akan tetapi perlu diperhatikan, apabila ibu hamil memiliki riwayat penyakit yang berhubungan dengan pernafasan, maka bisa jadi hal ini menjadi indikasi penyakit yang diderita semakin memburuk. Misalnya pernah sakit Asma, pneumonia, dypsnea, Anemia, kekurangan zat besi dalam darah, dan yang semisalnya.

Sesak Nafas Saat Hamil Tua bisa berbahaya bila dikarenakan emboli paru, sebuah kondisi gumpalan darah yang menutup aliran pembuluh darah organ paru-paru. Keadaan ini bisa terjadi di saat kehamilan berlangsung.

Sesak Nafas Saat Hamil Tua Harus Berbuat Apa?

Periksakanlah diri Anda ke dokter ahli penyakit dalam, terlebih bila Anda mengalami berbagai gejala seperti berikut ini:

  • Dada sakit ketika bernafas.
  • Detak jantung tak beraturan.
  • Penyakit asma yang semakin parah.
  • Bibir kebiruan, wajah pucat, jari kaki dan jari tangan pun membiru.
  • Merasakan kekurangan oxygen.
  • Batuk yang disertai demam, atau keluar darah.
  • Kesulitan bernafas atau tak nyaman ketika berbaring.

Demi mengurangi resiko inilah cara yang dianjurkan untuk meredakan Sesak Nafas Saat Hamil Tua:

  • Tegakkan punggung Anda dan tariklah pundak kebelakang ketika duduk, ataupun berdiri.
  • Tidur menyamping ke sisi kiri.
  • Ambilah waktu istirahat bila telah berjalan kaki dalam waktu yang lama.
  • Kontrol asupan makanan Anda, jangan sampai membuat Anda mengalami kenaikan berat badan yang drastis.
  • Rentangkanlah tangan keatas kepala Anda, hal ini akan membuat paru-paru lebih maksimal dalam menyerap oxygen dan tulang rusuk akan terangkat.
  • Kondisi fisik yang tak prima, akan membuat ibu hamil mengalami sesak nafas. Konsultasikan pada bidan atau dokter kandungan Anda mengenai olahraga yang cocok untuk dijalani, banyak manfaat yang dapat dipetik dikala Anda berolahraga, seperti: Bayi anda akan lebih banyak mendapatkan oxygen. Walau kami menganjurkan olahraga, ada baiknya Anda tetap dalam batas yang Anda mampu.
  • Mengatur dan juga melatih pernafasan agar siap menjalani persalinan.

Kesimpulan

Sesak Nafas Saat Hamil Tua tak akan selamanya hinggap pada ibu hamil, dan hal ini tak membahayakan bila bukan datang dari penyakit yang telah diderita sebelumnya, harap segera atasi penyakit yang memiliki hubungan dengan sesak nafas, seperti Asma, pneumonia, dypsnea, Anemia, kekurangan zat besi dalam darah, dan yang semisalnya. Rutin berkunjung ke bidan atau dokter kandungan demi mengurangi risiko buruk.

Sesak nafas yang tak ada hubunganya dengan penyakit akan berangsur membaik setelah bayi turun ke jalur lahir. Dengan melaksanakan olah tubuh secara teratur selepas melaksanakan persalinan, akan membuat pernafasan ibu hamil menjadi normal kembali.

Semoga ibu hamil senantiasa sehat wal ‘afiah, dan melahirkan dalam kondisi normal, Allohumma Aaamiiiiin.

.

Sesak Nafas Saat Hamil Tua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *