12 Sebab Sakit Sesak Nafas

Sebab Sakit Sesak Nafas – Dada yang sesak adalah sakit yang bisa membuat pengidap nya menjadi tak nyaman dalam menjalani hidup. Hal tersebut lebih lazim di istilahkan dengan asfiksia, yakni ketidak sanggupan seseorang didalam melaksanakan pernafasan normal. Tak jarang, sesak nafas yang terlampau lama dan parah dapat menyebabkan kematian.

Sebab Sakit Sesak Nafas

Inilah beberapa gejala yang menjadi pertanda akan kehadiran sakit sesak nafas:

  1. Denyut nadi cepat.
  2. Nafas sulit.
  3. Adanya sianosis.
  4. Kejang-kejang.
  5. Lumpuh.
  6. Koma.

Sebab Sakit Sesak Nafas

→ Tersumpal Makanan Berlebih

Ternyata makanan yang terlalu banyak masuk ke mulut pada kalangan orang tua ataupun lansia adalah salah satu sebab musabab akan kasus asphyxiations.

→ Tersedak Makanan

Adanya makanan atau benda asing akan yang macet di tenggoroka akan menyebabkan tersedak. Selain tersedak adalah: Anafilaksis, laryngo-trakeitis, pneumotorax, emboli paru, paru-paru runtuh. Kalau tersedak biasa, bisa lakukan kegiatan manuver “Heimlich”

→ Keracunan Karbon Monoxida

CO atau carbon monoxide bila terhirup dalam jumlah massive bisa membuat mual, sakit kepala, kejang, bahkan kematian. Kebanyakan berasal dari asap knalpot, pemanas yang telah rusak atau usang, asap rokok, kebakaran, atau dari knalpot.

→ Tenggelam

Air yang berada dalam paru-paru tentu saja akan membuat sesak nafas. Maka, supaya menghindari tenggelam pada anak-anak atau orang yang tak bisa berenang, perlu ada pengawasan dari orang tua atau lifeguards.

→ Batuk Rejan

Hal ini disebabkan adanya serangan bordetella pertussis, dengan demikian akan membuat nafas seseorang yang mengidap penyakit ini akan sesak nafas. Bahkan, untuk bayi atau balita, pertussis atau batuk rejan dapat mengakibatkan kematian. Demi menghindari hal yang tak di inginkan, maka pemerintah menggencarkan vaksinasi pertussis.

→ Tercekik

Hadirnya asfiksia bisa dikarenakan cekikan dari luar.

→ Difteri

Adanya difteri karena diserang oleh racun atau bakteri, yang akan membuat hidung, tenggorokan, kulit amandel menjadi sakit, sehingga akan mengganggu pernafasan.

→ Asma

Gangguan asma dapat menyerang anak-anak hingga dewasa. Penyebab utamanya tak bukan dan tak lain adalah alergi, faktor genetik, asap, atau iritasi bahan kimia. Lantas, kalau sudah terkena asma bisa berkembang menjadi bronkitis.

→ Infeksi Luka Jantung

Infeksi luka jantung yang dibiarkan akan membuat pembengkakan dan mempersempit ruang paru-paru.

→ Croup (Infeksi Saluran Paru)

Infeksi ini sukar untuk dideteksi, gejala yang lazim menghadiri adalah: Nafas berbunyi, sulit bernafas, batuk-batuk, dan demam.

→ Gagal Jantung

Gagal jantung kongestif adalah kondisi otot di organ jantung mengalami kerusakan. Denyut masih terus berlanjut namun tak memiliki tenaga. Sehingga jantung akan lemah mengompa aliran darah yang mengandung banyak oxygen. Gagal jantung akan hadir ketika hipertensi, aritmia, lemah jantung, atau aritmia tak tertangani dengan benar. Komplikasi lain yang mungkin hadir adalah: Obesitas, diabetes, dan kolesterol tinggi.

→ Paru-paru runtuh

Bisa runtuh akibat adanya cidera dan lubang pada dinding paru. Keadaan ini lazim disamakan dengan pneumotorax. Gejalanya adalah: Nafas tak tentu, susah bernafas, lalu batuk-batuk.

Sebab Sakit Sesak Nafas


Diposkan oleh: Admin Obat Penyakit Sesak Nafas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *