Perlu Untuk Waspadai Sesak Nafas Pada Anak Bisa Karena Penayakit Jantung Bawaan

 

Menjadi orangtua sangatlah penting mengetahui berbagai tetek bengek dunia anak, mulai dari apa yang dia tidak suka, makanan yang baik di konsumsi dan tentunya berbagai macam penyakit yang bisa saja menyerang kesehatan anak. Ada banyak penyebab  penyakit pada anak, bisa karena serangan berbagi macam virus, penyakit musiman seperti flu, termasuk penyakit bawaan jantung pada anak.

Penyakit jantung bawaan atau biasa di sebut dengan jantung bocor adalah kelainan struktur jantung yang berupa adanya kelainan pada katup jantung, dinding jantung atau pembuluh darah jantung. Gejala yang di timbulkan oleh penyakit ini tidaklah spesifik menunjukan adanya kelainan jantung pada anak, sehingga para orangtua harus selalu waspada dan memberikan perhatian khusus pada anak yang kemungkinan memilki risiko terkena penyakit jantung bawaan ini.

Di bawah ini beberapa penyebab yang mengakibatkan anak memiliki penyakit jantung bawaan :

  • Infeksi saat kehamilan. Infeksi oleh virus, seperti rubella selama kehamilan dapat meningkatkan risiko anak mengalami penyakit jantung bawaan
  • Penggunaan obat-obatan yang membahayakan kehamilan dan penggunaan alkohol.
  • Kelainan genetik seperti sindrom Down.

Setelah mengetahui seperti apa penyebabnya, kamu wajib mengetahui hal apa saja yang menjadi pertanda anak terkena penyakit jantung bocor, di bawah ini ulasannya :

  • Sesak napas dan mudah lelah

Sesak napas pada anak akan terlihat saat anak sedang bermain atau menyusui, anak akan terlihat sangat kelelahan saat sedang menyusu dan tidak kuat untuk menyusu dalam jangka waktu yang lama.

Anak akan terlihat cepat lelah dan tidak dapat beraktifitas berat. Bahkan pada beberapa kasus, anak akan terlihat kebiruan jika beraktiftas berat.

  • Mudah terkena infeksi

Gejala yang selanjutnya adalah, anak-anak yang menderita penyakit jantung bawaan ini sangat rentan terkena paparan infeksi, khususnya infeksi saluran pernapasan. Termasuk salah satunya adalah infeksi serius pada paru yang akan berakibat pada anak yang sering menegluh batuk, sesak dan demam.

  • Berat badan anak sulit naik

Di karenakan anak yang sulit untuk mengkonsumsi sumber makanan bergizi dan ASI menyebabkan anak mengalami kesulitan dalam kenaikan berat badan, selain itu anak dengan penyakit jantung bawaan akan sangat kekerungan pasokan oksigen untuk tubuh, jika hal ini tidak dapat di tangani dengan baik, kekurangan oksigen pada anak akan menganggu metabolisme tubuh anak.

Penanganan dari penyakit jantung kongenital ditentukan oleh derajat keparahan penyakitnya. Pada kelainan yang minimal tidak ada terapi khusus dan hanya dilakukan pemantauan. Namun, pada keadaan yang berat dapat dilakukan pembedahan untuk memperbaiki kerusakan jantung yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *