Obat Sesak Nafas Generik

Lazimnya.. Terdapat dua cara dalam mengobati pasien pengidap sesak nafas, yakni dengan melaksanakan terapi tanpa obat (non-farmakologis) dan terapi menggunakan obat (farmakologis). Terapi non farmakologis bisa dijalani dengan cara menghindari berbagai faktor yang bisa mengakibatkan penyakit sesak nafas atau asma. Yang bisa dijalankan dalam terapi non farmakologis ialah berolahraga ringan seperti berenang. Adapun untuk melaksanakan terapi obat bisa menggunakan dua jenis, ialah long-term control dan juga quick-relief. Perlu kita fahami sebelumnya.. Bahwa kedua jenis tersebut memiliki kinerja yang berbeda satu sama lain. Obat-obatan yang termasuk dalam quick-relief ialah bronkodilator, yang bekerja dengan melemaskan otot saluran nafas, sehingga saluran pernafasan yang asalnya mengalami penyempitan akan melebar. (Obat Sesak Nafas Generik)

Obat Sesak Nafas Generik

Obat Sesak Nafas Generik

Obat quick relief ini lebih efektif untuk dipakai ketika serangan asma terjadi. Sedangkan obat long-term relief dipakai demi menghindari serangan sesak nafas (asma) dengan cara mengobati peradangan yang terjadi pada saluran pernafasan supaya tak semakin memburuk. Yang termasuk kedalam obat jenis long-term relief ialah kortikosteroid.

Salbutamol Ialah Obat Sesak Nafas Generik

Salbutamol ialah salah satu obat sesak nafas (bronkodilator) yang efektif dan bisa dikatakan paling aman. Maka tak salah bila salbutamol dipakai oleh banyak pasien dalam mengatasi sesak nafas. Tak hanya itu, salbutamol pun efektif membuka jalur pernafasan yang mengalami penyempitan. Salbutamol ialah obat sesak nafas generik yang efektif dalam mencegah exercise-induced broncospasm. Di apotik-apotik sekitar kita telah banyak menjual sesak nafas dengan bermacam-macam merek, diantaranya ialah:

  1. Bronchosal.
  2. Asmacare.
  3. Buyentol easyhaler.
  4. Glisend.
  5. Venasma, dll.

Dosis Pemakaian Salbutamol

Tak cuma dalam bentuk kapsul, sirup, dan tablet saja salbutamol ini hadir. Namun.. Salbutamol pun tersedia dalam bentuk cair dan juga injeksi (suntik). Dosis pemakaian salbutamol ialah:

  • Dewasa: 4mg dikonsumsi 3x perhari.
  • Balita: 1mg dikonsumsi 3x perhari.
  • Bayi kurang dari 2th: “Konsultasikan dengan dokter”.

Inhalasi Aerosol

Inhalasi aerosol (obat penyakit sesak nafas) ini banyak dipakai oleh berbagai klinik kesehatan ataupun rumah sakit demi mengobati pasien yang mengalami asma (sesak nafas) berat. Sedangkan obat jenis injeksi dipakai untuk mengobati penyempitan saluran nafas yang mengalami gangguan. Untuk bentuk lainya seperti: Tablet, kapsul dan syrup digunakan bagi pengidap sesak nafas yang tak dapat mengkonsumsi inhalasi.

Dari berbagai jenis yang ada, salbutamol inhalasi aerosol lebih dicintai oleh para pasien, mengapa demikian..? Itu karena efek dari inhalasi aerosol ini efek nya lebih cepat dan minim efek samping dibandingkan dengan tablet, syrup, ataupun kapsul. Inhalasi aerosol ini lumayan efektif dalam mengobati sesak nafas, khususnya untuk mengobati asma level ringan hingga level sedang. Efek dari salbutamol ini bisa bertahan hingga 5 jam.

Keuntungan Obat Sesak Nafas Generik Inhalasi Aerosol

  • Obat lebih cepat bereaksi.
  • Dosis yang dibutuhkan lebih sedikit dibanding jenis oral.
  • Lebih minim efek samping.

Walau memiliki kelebihan.. Pemanfaatan inhalasi aerosol ini pun terdapat kelemahan, yakni inhalasi aerosol bisa saja tersangkut di mulut atau gigi, sehingga dosis yang dikonsumsi tidaklah maksimal seperti yang dianjurkan. Demi menghindari hal demikian.. Maka penggunaan alat penghubung seperti spacer sangatlah dianjurkan.

Cara Penggunaan Inhalasi Aerosol

Bagaimanakah cara yang benar dalam menggunakan inhalasi aerosol? Yakni menghisapnya secara pelan dan kalau sudah di hisap, tahanlah nafas selama 10 detik. Mengapa cara penggunaanya begitu penting? Hal ini supaya pengobatan dengan menggunakan inhalasi aerosol dapat efektif dan efisien.


Silahkan baca artikel sebelumnya: Obat Sesak Nafas Di Apotik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *