Mengenal Berbagai Penyakit Jantung Dan Gejalanya

Berbagai penyakit jantung seperti penyakit jantung koroner, dan gagal jantung pada dasarnya memiliki faktor penyebab dan gejala yang berbeda pada setiap penyakitnya, begitu pula dengan penyakit jantung lainnya. Setiap penyakit menunjukan seperti apa gejala dan efek yang di timbulkan.

Di bawah ini kami akan menerangkan apa saja penyakit jantung yang umum maupun langka terjadi dengan penjelasan dan gejala apa saja yang di timbulkan :

  • Serangan jantung

Serangan jantung terjadi karena, aliran darah yang kaya akan oksigen untuk otot jantung terhambat sehingga jantung tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup. Kondisi ini harus segera mendapatkan pertolongan medis dengan cepat, karena jika tidak bagian otot jantung akan mati dan hal itu sangat membahayakan keselamatan. Gejala umum yang di tunjukan serangan jantung anataralain seperti berkeringat, napas pendek, nadi cepat atau tidak beraturan, serta mual.

  • Aritmia

Kondisi dimana jantung mangalami detak atau ritme yang tidak normal, bisa terlalu cepat, pelan, atau tidak teratur. Aritmia terjadi karena implus elektrik tidak berfungsi, gejal umum yang terjadi pada aritmia antaralain detak jantung lambat atau cepat, debaran di dada, nyeri dada, sesak napas, pusing, berkeringat, pingsan, palpitasi (detak jantung seperti terlewat dan berdebar), hentakan pada dada, sesak napas, nyeri dada hingga kelemahan atau kelelahan.

  • Fibrilasi atrium

Kondisi ini merupakan salah satu jenis adari aritmia yang umum terjadi, Fibrilasi atrium adalah kondisi ruang jantung bawah atau ventrikel memompa lebih cepat dari normal dan hal ini menyebabkan detak jantung tidak teratur, seperti hilang lalu timbul, atau bahkan tidak kunjung menghilang.

Jika kondisi ini tidak secepatnya ditangi, ditakutkan akan menjadi terjadi komplikasi seperti stroke, serangan jantung, atau gagal jantung akan bertamabah besar. Gejala yang di timbulkan anataralain palpitasi (jantung berdebar), sesak, lemas yang sangat, nyeri dada, pusing atau pingsan, dan linglung.

  • Penyakit katup jantung

Penyakit ini terjadi karena salah satu katup jantung tidak berfungsi sebagaimana semestinya, kerusakn apada katup jantung dapat menimbulkan risiko terkena penyakit lainnya seperti hipertensi dan gagal jantung. Penyakit ini akan menunjukan gejal seperti sesak nafas, palpitasi, kelelahan, rasa neyeri dan tidak nyaman pada dada, pungsin, pingsan, sakit kepala, batuk, berat badanmeningkat dengan cepat, serta pembengkakan pada pergelangan kaki atau perut.

  • Gagal jantung

Gagal jantung merupakan keadaan dimana jantung yang tidakdapat berfungsi baik dan memompa darah ke seluruh tubuh secara efesien. Hal ini menyebabkan darah lebih lambat untuk bergerak keseluruh tubuh, akibatnya terjadi penebalan pada bilik jantung. Gejalanya antaralain sesak nafas selama beraktifitas atau istirahat, kelelahan yang ekstrem, serta pembengkakan kaki, pergelangan kaki, perut, atau daerah punggung bawah.

  • Perikarditis

Perikarditis adalah kondisi dimana terjadi pembengkakan dan iritasi pada perikardium yang meruapakan selapu kantung di sekitar jantung yang berfungsi untuk menahan jantung di temapatnya.Perdangan ini dapat mengakibatkan luka dan penebalan pada perikardium, yang menyebabkan jantung mengerut. Hal ini dapat berisiko tinggi menyebabkan komplikasi lain seperti berkurangnya aliran dari jantung hingga menyebabkan kematian. Gejala yang di timbulkan berupa nyeri dada yang menusuk, demam, jantung berdebar, sera sesak nafas.

Semoga apa yang telah di jelaskan dapat bermanfaat untuk anda dan semua orang yang membaca artikel ini, ingat untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dan jangan lipa untuk olahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *