Manfaat ASI : Mengurangi Risiko Asma Pada Anak

Ada banyak sekali manfaat dari ASI yang bisa di dapatkan, bukan hanya bayi yang mendapatkan banyak manfaat dari ASI, sang ibu juga terkena dampak positive nya. Bukan hal aneh lagi jika ASI di percaya dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara pada wanita, selain itu ASI juga membantu menurunkan berat badan mu secar alami pasca melahirkan.

Namun tahu kah kamu, ternyata ASI dapat mengurangi risiko terkena asma pada anak?. Nah di bawah ini kami akan memaparkan perihal manfaat ASI yang baik untuk mengurangi risiko asma pada anak.

Para peneliti di Universitas Basel di Swiss telah melakukan penelitian yang menyimpulkan, hubungan ASI dengan asma terkait dengan varian gen 17q21 yang terletak pada wilayah kromosom 17, yang berarti gen tersebut berpotensi mengembangkan asma pada bayi. Namun, penelitian tersebut juga menjelaskan, para ibu yang memberikan ASI kepada anaknya, mampu melindungi anaknya dari varian gen 17q21 yang mana gen tersebut menyebabkan seseorang terkena asma sejak dini.

Menurut salah satu peneliti Erasmus di Belanda yaitu Dokter Liesbeth Duijts, Mengatakan bahwa anak yang tidak pernah di beri asupan ASI hampir 50% berisiko mengalmi asma saat dewasa nanti, sedangkan untuk anak-anak yang mengkonsumsi susu formula berisiko 20% terkena asma. Oleh karena itulah pemberian ASI pada bayi sangat penting.

Jika kamu seorang perempuan yang akan menjadi ibu, beberapa hal di bawah ii harus kamu hindari karena memilki dampak yang negative terhadap kesehatan anak suatu saat nanti. Di bawah ini diantaranya :

  • Jika wanita merokok saat hamil, hal tersebut akan meningkatkan risiko asma pada anak yang akan dilahirkan.
  • Anak yang sebelumnya tidak memiliki asma namun sering terpapar asap rokok, dapat terkena gejala asma yang akan menyerang si anak akibat paparan radikal bebas dari asap tersebut.
  • Pertimbangkan juga lingkungan Anda yang akan memengaruhi kesehatan anak, khususnya sistem pernapasannya.
  • Hindari lingkungan yang polusi udaranya tinggi, seperti banyaknya paparan gas, minyak, atau polusi dari asap kayu bakar. Hal tersebut dapat membuat iritasi saluran bronkial anak Anda, dan nantinya kemungkinan terserang asma akan sangat besar.
  • Gunakan sistem penyaring udara di rumah Anda untuk mengurangi jumlah debu dan polutan lainnya.
  • Jika memang anak Anda telah memiliki asma, untuk mencegah asmanya kambuh, hindari asap rokok di lingkungannya. Mintalah orang-orang sekitar untuk tidak merokok di rumah atau sekitar anak Anda.

Sebagai seorang manusia yang di beri akal oleh Tuhan, penting rasanya jika kita selalu melakukan berbagai hal positive. apalagi jika kamu seorang wanita yang sedang hamil, segala sesuatu yang berhungan dengan apa saja wajib menjadi pertimbangan. Karena apa yang kamu lakukan besar atau kecil pasti akan berdampak pada kehidupan yang sedang kamu perjuangkan, maka bijaklah dalam melakukan sesuatu. Dan semoga bermanfaat lalukan pola hidup sehat untuk kebaikan bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *