Cara Tepat Memelihara Hewan, Khusus Untuk Penderita Asma

Untuk penderita asma memiliki hewan peliharaan merupakan hal yang sulit untuk di wujudkan, karena beberapa orang penderita asma memiliki alergi terhadap bulu hewan seperti kucing dan anjing.

Namun sebelumnya, sangat di sarankan untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan ahli alergi, untuk mengetahu apa saja larangan, dan mungkin dokter akan memberikan beberapa obat-obatan yang dapat menghindari atau Anda mungkin adalah kandidat yang baik untuk suntikan alergi. Selain itu, berikut adalah petunjuk yang dapat membantu.

  • Bersihkan udara

Langkah pertama anda bisa mempertimbangkan memasang penyaring udara pada semua area rumah, anda bisa menggunakan AC dengan sistem saluran filtrasi terbaik, atau bisa juga dengan memasang high-efficiency air filters (HEPA, tipe yang paling bagus) di sebanyak mungkin ruangan. HEPA akan menyedot partikel yang menyebabkan alergi dari hewan peliharaan Anda.

  • Perhatikan kain di rumah

Barang-barang yang terbuat dari kain seperti sarung perabotan, dan karpet yang biasa menjadi sarang debu dapat kamu bersihkan dengan menggunakan vakum, selain itu barang-barang lain seperti tirai, seprai, anda cuci dengan menggunakan suhu air paling tinggi.

  • Jauhkan hewan peliharaan dari kamar tidur

Hal ini sangat penting untuk dilakukan, karena dengan menjauhkan hewan pekiharaan dari tempat tidur, akan menjauhkan anda dari risiko terkena alergen dari berbagai partikel berbahaya dari hewan.

  • Mandikan hewan peliharaan

Memandikan hewan peliharaan dapat mengurangi risiko terkena alergen, ada hal yang harus kamu ingat alergen pada hewan bukanlah melalui bulu mereka, melainkan masalah pada air liur, kulit mati dan sel rambut. Air liur dan dander mengandung protein yang menempel pada bulu dan kulit saat hewan menjilat tubuhnya. Mandi secara rutin juga dapat membersihkan bulu dari alergen lainnya, seperti tungau debu, pollen dan jamur. Kucing juga dapat dimandikan, selama Anda menggunakan shampoo khusus untuk kucing.

  • Sikat secara rutin

Hal ini dapat anda lakukan di dalam rumah jika sudah memastikan tidak ada anggota keluarga yang memiliki alergi, menyisir hewan peliharaan dapat menyingkirkan dander dan bulu yang berlebih.

  • Lap alergen

Gunakan lap khusus hewan peliharaan untuk menjaga anjing dan kucing tetap bersih dan segar, sekaligus menghilangkan dander dan iritan lainnya.

  • Hindarkan dari area wajah

Hindari intraksi langsung dengan bagian tubuh hidung, mulut, dan mata langsung karena akibatnya yang dapat mendatangkan masalah, jika ingin menunjukan rasa sayang terhadap hewan peliharaan, cukup dengan memegang dan mengelusnya, selanjutnya pastikan untuk selalu mencuci tangan setelah berintraksi dengan hewan peliharaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *