Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat Saat Tidur

Kali ini kami akan beritahukan kepada Anda Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat Saat Tidur. Dibawah ini kami sediakan berbagai macam cara sederhana, supaya Anda bisa terbebas dari hidung tersumbat saat tidur, bi idznillah.

Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat Saat Tidur

Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat Saat Tidur

Pernahkah Anda merasakan gangguan pada hidung yang terjadi pada malam hari? Tentunya hal tersebut akan menghadirkan sesak nafas dan akan mengganggu tidur Anda. Maka kami disini akan memberikan cara menghilangkan hidung tersumbat secara alami. Inilah beberapa caranya:

1. Dengan Menggunakan Uap

Caranya cukup simpel, Anda tinggal teteskan 4 tetes minyak kayu putih pada air panas tersebut, bila kayu putih tak tersedia, silahkan gunakan peppermint, minyak pinus, minyak pohon teh (chamomile). Tutup mata Anda, agar tak merasa perih.

Setelah itu, Anda tinggal arahkan wajah Anda kearah air panas tersebut, jangan terlalu jauh atau juga terlalu dekat dengan uap air panas tersebut.

2. Makan Cabe ataupun Bawang Merah

Dengan makan cabe, hidung tersumbat saat tidur akan teratasi. Mengapa bisa demikian..? Hal tersebut bisa terjadi karena cabe memiliki sifat panas, yang akan mencairkan lendir yang menyangkut di paru-paru ataupun hidung. Selain menggunakan cabe, cobalah mengonsumsi bawang merah, karena bawang merah punya sifat yang sama seperti hal nya cabe.

3. Ketika Tidur, Tinggikan Bantal Anda

4. Minum obat sesak nafas alami.

Penyebab Hidung Tersumbat Saat Tidur

Ada beberapa hal yang mendasari terjadinya hidung tersumbat saat tidur, yakni:

  1. Pilek.
  2. Udara sekitar yang lembab.
  3. Iritasi.
  4. Sinusitis.
  5. Alergi debu.

Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat Saat Tidur Menggunakan Obat

Anda bisa mencoba obat apotik dalam meredakan hidung yang tersumbat itu. Salah satu penggunaan obat yang biasa ada di apotik adalah CTM. CTM (chlorpheniramine maleate) adalah obat apotik yang bisa digunakan untuk meredakan hidung tersumbat.

Baca Juga Artikel Sebelumnya: Cara Mengobati Sesak Nafas dan Batuk

Efek samping penggunaan CTM adalah mengantuk, sebaiknya konsultasikan kepada dokter ahli tentang penggunaan CTM ini. Selain menggunakan CTM sebagai langkah ikhtiar Anda, maksimalkan pengobatan dengan mengonsumsi vitamin tambahan, seperti buah dan sayuran segar. Apalagi bila Anda optimalkan pengobatan dengan menghindari tempat yang dingin.

Apabila cara menghilangkan hidung tersumbat saat tidur yang telah kami paparkan diatas tak juga memberikan dampak positive bagi Anda, maka sebaiknya Anda kunjungi dokter terdekat untuk berkonsultasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *