Cara Mengatasi Asma Untuk Anak Sekolah

Kedatangan asma tidak bisa kita perkirakan pastinya, bisa saat kita beraktifitas, berolahraga bahkan saat kita tertidur pun asma dapat kambuh, jika hal ini di alami oleh orang dewasa, sudah pasti mereka dapat mengatasi dengan mengantisipasi sebelumnya. Tapi bagaimana jika asma kambuh terjadi pada anak sekolah?, bagaimana cara orangtua mengantispasinya?.

Di bawah ini kami akan memberi solusi yang dapat di tempuh orangtua untuk mengantisipasi asma anak kambuh saat di sekolah, beikut ini cara-caranya:

Komunikasi dengan guru dan pihak sekolah

Hal ini sangat penting bagi anda sebagai orangtua murid, memberitahukan kondisi asma pada guru atau pihak sekolah lainnya. Hal ini berguna untuk guru agar mengetahui obat apa yang harus di berikan saat asma kambuh.

Anda wajib pada setiap tahunnya untuk memberi informasi pada guru yang mengajar anak untuk mengetahui apa saja kebutuhan anak penderita asma saat kambuh.

Selanjutnya berikan apa saja obat yang sering di konsumsi kepada guru yang menagjar atau pada wali kelas murid dan jelaskan pula bagaimana cara penggunaan yang tepat, pastikan untuk memberi label pada setiap obat yang di berikan dengan contoh seperti ini :

  • Nama anak Anda
  • Nama obat
  • Jumlah dosis yang diperlukan
  • Nomor telepon dokter

Beri tahu guru untuk menyimpan obat di tempat yang sejuk dan kering, dan tidak dapat diraih murid-murid lainnya.

Jika anak anda sudah mengerti bagaimana cara penggunaan obat yang benar di anjurkan untuk memberi mereka kepercayaan untuk menangani kondisinya sendiri dan pastikan untuk tetap mengikuti peraturan sekolah misalnya daftarkan berbagai obat yang di bawa kepada pihak sekolah untuk di data serta jangan lupa untuk memberi obat cadangan pada pihak sekolah.

Untuk memastikan apakah anak anda sudah layak membawa obat sendiri, anda bisa memastikannya dengan beberapa pertanyaan di bawah ini :

  • Apakah anak Anda siap akan tanggung jawab dalam membawa dan mengonsumsi obatnya?
  • Dapatkah anak Anda mengenali tanda-tanda peringatan saat ia akan mengalami serangan asma?
  • Apakah anak Anda tahu kapan dan bagaimana menggunakan obat?
  • Dapatkah anak Anda mengingat dan mengikuti peraturan sekolah tentang penggunaan obat?
    Apakah Anda bersedia anak Anda membawa dan mengonsumsi obat sendiri?
  • Dapatkah Anda memastikan anak Anda selalu membawa obatnya?
  • Dapatkah Anda, anak Anda, dan pihak sekolah untukmelacak berapa kali anak Anda perlu mengonsumsi obat?
  • Apakah tersedia perawat sepanjang hari yang dapat membantu anak Anda mengonsumsi obat saat diperlukan?
  • Apakah peraturan sekolah tentang penyimpanan obat yang aman dan akses cepat saat diperlukan?
  • Apakah pegawai sekolah, terlatih untuk menangani kondisi darurat asma?

Jika anak anda menggunakan peak flow meter, jelaskan bagaimana cara penggunaanya baik pada anak maupun guru yang mengajar, mintalah pada guru saat anak mengeluh tidak enak pada badannya, jelaskan pada guru apa arti zona hijau, kuning dan merah. Hal ini penting dilakukan agar guru mengathui kapan harus memberi obat atau menghubungi dokter, pastikan juga agar guru mengetahui dokter mana yang harus di hubungi berikan nomer telepon dokter yang biasa menganani anak anda.

Untuk pencegahan agar asma tidak kambuh saat di sekolah, anda dapat memberi tahu apa saja faktor penyebab asma pada anak anda, seperti misalnya Anda dapat meminta guru agar anak Anda dapat menghindari debu atau kegiatan yang meliputi debu. Mintalah guru agar anak Anda dapat duduk jauh dari papan tulis. Debu dari kapur dapat memicu asma.

Jika anak Anda alergi terhadap hewan atau jamur, anak Anda harus menghindari hewan dan tanaman di kelas. Pada penitipan anak, karpet atau alas untuk beraktivitas dapat mengandung banyak debu. Bawakan anak Anda alas pribadi atau minta guru untuk memisahkan anak Anda dari alas anak-anak lain.

Mintalah kepala sekolah untuk memberi tahu Anda sebelum renovasi atau pengecatan sekolah. Bau yang kuat dari cat, asap, dan debu konstruksi dapat memicu asma. Anda dapat meminta anak Anda untuk tinggal di rumah selama beberapa hari pembangunan, saat bau dan debu paling banyak.

Pastikan kondisi asma anak Anda terkendali dan ia memiliki obat asma sebelum kembali ke sekolah.

Nah untuk yang terakhir, konsultasikan kondisi asma anak anda pada dokter untuk mengetahui kapan anak anda dapat masuk sekolah dan kapan harus beristirahan di rumah karena gejala asma, pastikan jika penjelasan yang dokter berikan dapat anda mengerti.

 


 

 

Ketik : QC-MIA : Jumlah Pesanan : Nama : Alamat : No. Hp Anda Kirim Ke  +6852-23944949 (Whatsapp)

Contoh Pemesanan : QC-MIA : 2 Botol : Ahmad Hassan : Jl. Cicantel No. 1 Kec. Karsamenak Kel. Babakan Tengah Kota. Tasikmalaya : Hp. 082897xxx

KODE “QC-MIA” WAJIB TERCANTUM pada SMS Pemesanan

PROSES CEPAT dan RESPONSIF!

Untuk Lebih lengkap silahkan hubungi Layanan Konsumen 24 Jam SMS / Telpon : 082.320.970.600

OBAT BOLEH DIKIRIM DULU, BAYAR KALAU SUDAH SAMPAI

Obat Penyakit Sesak Nafas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *