Berbagai Manfaat Memelihara Tanaman Di Rumah

Selain sebagai penghias rumah, tanaman juga memilki manfaat yang lain bagi kita, untuk hal ini semua orang juga pasti sudah tahu apa jawaban nya. Yap tanaman sagat baik untuk kesehatan pernapasan kita, di bawah ini kamu akan mengupas lebih jaug manfaat tanaman untuk kesehatn kita, mari kita simak penjelasan nya.

  • Tanaman di rumah membantu kita bernapas

Teori bernapas mengatakan bahwa manusia bernapas dengan menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida, lalu proses fotosintetis tumbuhan melakukan sebaliknya, karena hal inilah kenapa tumbuhan sangat di butuhkan oleh manusia,  karena tumbuhan berfotosintesis mengeluarkan oksigen yang di butuhkan manusia.

Tumbuhan memerlukan cahaya matahari penuh saat melakukan oleh fotosintesis untuk mengeluarkan oksigen dan menghirup karbondioksida, proses fotosintesis ini berhenti saat malam hari di mana hampir semua tanaman mulai menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Maka akan berbahaya jika kita tertidur di sekitar tanaman saat malam hari, kecuali beberapa tanaman khusus seperti anggrek, tanaman sejenis kaktus (succulent), dan tanaman epifit lainnya tetap menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen saat malam hari. Oleh karena itu, menyimpan jenis tanaman tersebut di dalam ruangan akan tetap aman dan dapat menghasilkan oksigen meskipun saat malam hari.

  • Tanaman mampu membersihkan udara sekitar

Banyak jenis tanaman yang baik untuk menghindarkan rumah dari berbagai polutan berbahaya seperti tanaman spider plant, sirih gading dan lidah mertua, sedangkan tanaman yang cocok menjadi pembersih udara di luar ruangan bisa memilih dianatara beberapa tanaman ini seperti azalea, peace lily, dan tanaman rambut english ivy.

  • Mengurangi risiko terkena gangguan saluran pernapasan

Salah satu penelitian membuktikan bahwa tanaman dapat membantu mengurangi kadar debu yang ada dalam ruangan sampai dengan 30% dalam waktu sekitar 3 bulan. Selain itu tanaman juga dapat membantu orang-orang yang ada di rumah terhindar risiko terkena asma, karena seperti yang sudah di sebutkan di atas tanaman dapat menghilangkan debu dari rumah dengan meningkatkan kadar kelembapan ruangan.

  • Tanaman dapat memperbaiki konsisi psikologis

Selain bermanfaat untuk kesehatan pernapasan, tanaman juga dapat membantu memperbaiki kondisi psikologis seperti menenangkan pikiran dan memperbaiki mood seseorang. Menurut American Horticultural Therapy Association (AHTA), terdapat beberapa manfaat dari memelihara tanaman di rumah terhadap kondisi psikologis dan kognitif seseorang, di antaranya:

  1. Meningkatkan rasa kepercayaan diri
  2. Mengurangi stress dan kecemasan
  3. Merasakan kebugaran
  4. Membantu menenangkan pikiran dan membuat optimisme
  5. Meningkatkan konsentrasi dan fokus
  6. Meningkatkan kemampuan mengingat

Hal ini di perkuat dengan penelitian yang menyatakan bahwa seseorang yang bekerja di dalam ruangan yang memilki hiasan tanaman di dalamnya menunjukan adanya efek peningkatan mood dan performa kerja di bandingkan dengan individu yang bekerja di ruangan yang tidak memilki ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *