Benda-benda Pemicu Alergi Pada Anak

Sebenarnya pemicu alergi pada anak sangat banyak penyababnya dan gejala yang di timbulkan juga tergantung pada apa pemicu alergi itu sendiri, alergi sendiri adalah serangkaian gejala yang timbul sebagai respon dari sitem imun tubuh terhadap zat yang biasanya tidak berbahaya, zat ini biasanya di sebut dengan alergen.

Di bawah ini ada beberapa pemicu alergi anak beserta gejal apa yang di timbulkan oleh alergi tersebut, berikut diantaranya :

1. Makanan

Makanan merupakan pemicu alergi paling umum terjadi, kebanyakan tubuh akan bereaksi pada makanan dengan kandungan protein yang di anggap berbahaya untuk tubuh, dan biasanya akan muncul setelah makanan di konsumsi.

Makanan seperti telur, susu sapi, kacang tanah, kedelai, gandum, kacang dari pohon (seperti kenari, pistachio, pecan, kacang mete), ikan (seperti tuna, salmon), dan makanan laut (seperti udang, lobster, cumi). Alergi makanan pada daging, buah-buahan, sayuran, padi-padian, dan biji-bijian seperti wijen. Semua makanan tersebut dapat menimbulkan reaksi alergi ringan sampai berat.

Sekitar 80-90% alergi terhadap telur, susu, gandum, dan kedelai yang terjadi pada anak akan hilang setelah memasuki usia 5 tahun. Sementara untuk alergi terhadap makanan laut dan kacang-kacangan sangat kecil kemungkinan untuk sembuh, dokter anak maupun ahli alergi dapat melakukan beberapa tes untuk mendiagnosis alergi makanan pada anak dan memantau perkembangannya, apakah alergi sudah hilang atau belum.

2. Serbuk sari, Debu, Dan Jamur

Hal kedua yang menjadi pemicu alergi adalah lingkungan, pasrtikel kecil seperti serbuk sari, debu, tungau serta bulu hewan. Asap rokok dan parfum juga termasuk pemicu alergi ini. Alergi ini di sebut dengan alergi rhinitis yang merupakan alergi yang menyerang saluran pernapasan yang mengakibatkan peradangan akibat reaksi dari alergen tersebut.

Gejala biasanya langsung terlihat atau timbul setelah anak  terpapar pemicu alergi. Beberapa gejalanya meliputi:

  • Mata gatal dan berair, kemarahan atau bengkak
  • Hidung berair atau tersumbat
  • Bersin-bersin
  • Mata gatal atau berair
  • Kelelahan
  • Batuk-batuk

3. Obat-obatan

Alergi yang di sebabkan obat terjadi karena sistem kekebalan tubuh yang salah menganggap zat tertentu dalam obat sebagai subtansi yang bisa membahayakan tubuh, kondisi ini berbeda dengan efek samping obat yang biasanya tercantum, maupun keracunan akibat overdosis obat.

Pada tahap penggunaan pertama, sistem kekebalan tubuh akan menilai obat sebagai substansi berbahaya bagi tubuh kemudian mengembangkan antibodi secara perlahan-lahan. Pada penggunaan berikutnya, antibodi ini akan mendeteksi dan menyerang substansi dari obat tersebut. Proses inilah yang bisa memicu gejala-gejala alergi obat.

Sebagian besar alergi obat memiliki gejala yang ringan, dan biasanya akan reda dalam beberapa hari setelah penggunaan obat dihentikan. Berikut ini adalah beberapa gejala umum alergi obat yaitu:

  • Ruam atau bentol-bentol pada kulit
  • Gatal-gatal
  • Sesak napas atau napas pendek
  • Pembengkakan

 


 

 

Ketik : QC-MIA : Jumlah Pesanan : Nama : Alamat : No. Hp Anda Kirim Ke → +6852-2394-4949 (Whatsapp)

Contoh Pemesanan : QC-MIA: 2 Botol : Ahmad Hassan : Jl. Cicantel No. 1 Kec. Karsamenak Kel. Babakan Tengah Kota. Tasikmalaya : Hp. 082897xxx

KODE “QC-MIA” WAJIB TERCANTUM pada SMS Pemesanan

PROSES CEPAT dan RESPONSIF!

Untuk Lebih lengkap silahkan hubungi Layanan Konsumen 24 Jam SMS / Telpon : 082.320.970.600

OBAT BOLEH DIKIRIM DULU, BAYAR KALAU SUDAH SAMPAI

Obat Penyakit Sesak Nafas

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *