Bahaya Komplikasi Gangguan Jantung.

Jantung adalah organ penting untuk tubuh kita, karena kerja jantung yang memompa aliran darah keseluruh tubuh. Lalu apa jadinya jika jantung kita memiliki masalah pada kesehatannya atau bahkan komplikasi dengan penyakit lain, sebelum membahas lebih jauh tentang apa saja yang diakibatkan jika jantung mengalami masalah, ada baiknya jika kita mengenal pengertian yang sebenarnya tentang penyakit jantung.

Penyakit jantung adalah suatu istilah yang merajuk pada gangguan kesehatandi jantung dan pembuluh darahseseorang, hal ini terjadi pada bagian penting seperti otot jantung, katup jantung, aliran darah, atau irama jantung.

Lalu apa yang menyebabkan komplikasi penyakit jantung?.  Saat bagian penting yang sudah di sebutkan di atas mengalami masalah, secara otomatis akan mempengaruhi kondisi kesehatan secara keseluruhan, yang akan berakibat pada seseorang yang mempunyai penyakit jantung beresiko, akan mengalami berbagai macam komplikasi penyakit jantung.

Selain terganggunya bagian penting jantung yang mengakibatkan komplikasi, gaya hidup juga berperan dalam menimbulkan komplikasi, jantung akan semakin parah jika kamu tidak segera merubah gaya hidup buruk mu menuju gaya hidup yang jauh lebih sehat. Selain itu ada beberapa faktor yang mendukung timbulnya penyakit jantung yaitu :

*   Tekana darah tinggi
*   Kadar kolestrol darah yang terlalu tinggi
*   Perilaku merokok
*   Berat badan lebih
*   Kurang aktifitas fisik

Jika komplikasi di biarkan tanpa melakukan penagnan medis yang tepat, berbagai kemungkina buruk bisa saja terjadi dan berakibat ke arah yang lebih parah lagi, karena sebagian besar komplikasi jantung merupakan kondisi berisiko menjadi fatal, dan ini beberapa diantaranya :

1. Gagal jantung

Hal ini terjadi karena adanya gangguan pada aliran darah, gagal jantung akan lebih berisiko pada orang yang memilki kelainan jantung bawaan atau juga infeksi pada jantung, kemunculan gagal jantung ini akan di tandai dengan kesulitan bernafas, rasa pusing, dan penumpukan cairan pada bagian tertentu hingga terlihat seperti adanya benjolan.

2. Serangan jantung

Serangann jantung terjadi karena kematian sel jantung ketika jantung tidak mendapat asupan dearah yang cukup, kondisi ini di perparah dengan arteri jantung yang mengalami penyempitan akibat penumpukan kolestrol atau arterosklerosis.

3. Penyakit stroke

Saat jantung berdetak tidak efektif, gumpalan darah akan mudah terbentuk dan dapat menyumbat pembuluh darah menuju otak, hal inilah yang menjadi penyebab stroke terjadi. Penderita akan mengalami sulit mengingat, berbicara dan di sertai dengan koordinasi yang mati pada salah satu sisi tubuh baik kanan atau kiri atau bahkan bisa keseluruhan dari tubuh.

4. Henti jantung.

Henti jantung akan berakibat pada terganggunya pernapasan dan kehilangan kesadaran yang di akibatkan oleh terhentinya detak jantung secara tiba-tiba, jika kondisi ini di biarkan dan tidak segera di tangani bisa menyebabkan kemataian mendadak.

5. Penyakit arteri perifer.

Saat aliran darah terganggu karena penyempitan pembuluh darah, yang berfungsi mengalirkan darah ke seluruh tubuh akan mengalami hambatan, bagaian tubuh yang terdapat pada ujung-ujung tubuh akan mengalami gejala seperti rasa nyeri, terutama pada kaki saat berjalan.

Selain kelima penyakit di atas masih ada alagi gangguan yang akan kamu dapatkan jika mengalami komplikasi pada jantung, yaitu Aneurisma adalah pembekuan yang dapat terjadi di bagian tubuh mana saja yang mengakibatkan pembekuan darah. Lalu yang selanjutnya adalah Emboli paru atau emboli pulmonari adalah kondisi di mana aliran darah yang menuju paru-paru tersumbat yang menyebabkan tubuh kekuarangan oksigen yang berakibat pada sulitnya bernapas pada penderita.

Lalu ada Fibrilasi artial kondisi di mana jantung berdetak tidak dengan semestinya bisa berdetak secara tidak beraturan atau bisa juga bersetak lemah di luar kondisi normal. Sedangkan yang terakhir di sebut dengan Angina yaitu kondisi diman otot jantung tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup sehingga menyebabkan suatu sensasi seperti terpelintir atau rasa tertekan pada dada.

Nah setelah kamu mengetahui hal-hal buruk yang akan di alami jika memiliki gangguan atau bahkan komplikasi pada jantung, di harapkan bisa menjadi pemicu motivasi agar lebih mengahargai kesehatan dan selalu menjaga pola hidup sehat, dengan rutin melakukan olahraga serta di imbangi dengan makanan dan minuman yang kaya akan nutisi dan gizi yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *