Alat Bantu Pernapasan Di Bawah Ini Ternyata Dapat Di Gunakan Di Rumah

Bagi anda yang memiliki masalah kesehatan alat pernapasan sudah pasti yang penting selalu ada di rumah maupun tas adalah berbagai obat dan alat bantu pernapasan, hal ini sangat penting untuk mencegah segala berbagai hal buruk terjadi. Dengan tersedianya obat dan berbagai alat bantu pernapasan di rumah ataupun di tas, memudahkan kita menangani jika kapan saja penyakit yang diserita kambuh.

Nah di bawah ini ada beberapa alat bantu pernapasan yang praktis di gunakan dan pastinya dapat di pasang di rumah, Berikut ini beberapa diantaranya :

  • Tabung dan regulator oksigen

Tabung oksigen memiliki fungsi untuk membantu meredakan sesak nafas. Cara kerja dari alat ini adalah sebagai berikut, Tabung oksigen memiliki kemapuan untuk mengubah air menjadi oksigen yang akan di alirkan melalui selang kesaluran pernapasan pasien, namun sebelum anda melakukan tindakan ini, patut untuk di perhatikan seberapa besar tekanan oksigen yang di perlukan, karena pada dasarnya tabung oksigen memiliki tekanan yang tinggi, sehingga perlu untuk di atur agar aman untuk pasien dengan menggunakan alat regulator oksigen, yang biasanya sudah terpasang langsung dengan tabung oksigen.

Jika anda seseorang yang selalu melakukan aktifitas di luar ruangan, tidak perlu khwatir jika tiba-tiba penyakit pernapasan yang di derita kambuh, karena beberapa tahun belakangan ini sudah tersedia alat bantu pernapasan yang dapat di bawa kemana-mana selain inhaler, yaitu tabung oksigen portable.

Tabung oksigen portable sdangat mudah untuk di dapatkan, karena penjualannya yang bebas beredar di pasaran, jadi sangat mudah untuk anda membelinya di apotek.

  • Oxygen concentrator

Alat ini bekerja dengan menghasilkan oksigen murni dari udara bebas di sekitar, alat ini akan memisahkan antara nitrogen ataupun zat lain dari udara dengan menggunakan penyaring atau filter yang ada, kemudian oksigen murni dapat di salurkan melalui selang ke saluran pernapasan pasien.

Sama hal nya seperti tabung oksigen, alat ini pun terbagi menjadi dua, yaitu alat yang dapat di bawa kemana-mana (portable) dan yang memang sudah di desain khusus untuk tidak di pindahkan (static). Alat bantu pernapasan ini juga dapat dengan mudah di dapatkan di apotek dan anda bisa memilih alat tersebut sesuai dengan kebituhan.

  • Oximeter

Alat ini bekerja sebagai alat ukur untuk mengetahui seberapa banyak oksigen yang ada di dalam darah. Kadar oksigen atau tingkat kejenuhan oksigen akan lansung muncul pada layar alat ini, alat ini sangat efesien untuk di gunakan karena bentuknya yang sama dengan bentuk jam tangan biasa.

  • Nebulizer

Nebulizer adalah alat yang berfungsi sebagai pengubah bentuk obat asma yang berbentuk cair menjadi gas. Gas inlah yang nantinya akan di alirkan melalui selang kesaluran pernapasan, alat ini sangat efektif meredakan sesak nafas saat asma kambuh, karena alat ini memiliki kemampuan untuk menembakan lansung obat asma menuju organ target yaitu paru-paru.

  • CPAP ( Continous Positive Airway Pressure)

Alat ini khusus di gunakan untuk penderita sleep apnea, alat ini bekerja dengan mengontrol tekanan udara yang konstan sehingga dapat membuat saluran pernapasan tetap terbuka, tekanan udara akan di salurkan melalui topengyang di kenakan orang dengan penderita sleep apnea saat ia tidur. Alat ini akan membantu penderita untuk mengurangi dengkuran sat tidur.

  • Air cleaner

Alat ini memiliki saringan yang berfungsi untuk menyaring partikel-partikel jecil seperti debu, serbuk sari, kutu dan tunggau, selain itu alat ini juga dapat menjadi solusi terbaik untuk anda yang tinggal dengan kualitas udara yang buruk dengan polusi yang ada dimana-mana.

Selain alat untuk membersihkan udara, kelebihan air cleaner adalah memiliki pembersih ion yang akan berfungsi dalam proses ionisasi udara sehingga menghasilkan udara yang bersih dari partikel-partikel polutan.

  • Aspirator atau suction machine

Aspirator atau biasa disebut suction machine adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyedot lendir ataupun cairan lain dari saluran pernapasan pasien agar dapat bernapas dengan baik. Pasien menggunakan topeng yang tekanan udaranya diatur sedemikian rupa, sehingga pasien akan terstimulasi untuk mengeluarkan lendir dari paru-parunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *