5 Gejala di Bawah Ini, Dapat Menjadi Indikasi Anda Terkena Penyakit Jantung Koroner

Menurut data yang telah kami kumpulkan, angka kematian yang di sebabkan oleh penyakit jantung menempati urutan pertama di dunia, sedangkan di Indonesia penyakit jantung menjadi alat pembunuh ke 2, setelah stroke. Hal ini tidak terlepas dari pengaruh pola hidup orang zaman sekarang, yang memiliki pola tidur dan makan yang buruk. Seseorang yang sering menghabiskan pekerjaan dengan lembur, berpotensi lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung.

Namun sayangnya, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat mempermudah segalanya tidak dapat di manfaatkan dengan baik oleh sebagian penggunanya, masih banyak orang yang belum mengetahui gejala apa saja yang menjadi pertanda seseorang terkena penyakit mematikan salah satu diantaranya adalah penyakit jantung. Oleh karena hal inilah kenapa ada banyak orang yang terkesan meninggal dunia secara mendadak karena serangan jantung.

Untuk menimalisir kemungkinan buruk itu terjadi, ada baiknya jika anda mengetahui berbagai gejala penyakit apapun termasuk penyakit jantung, nah pada kesempatan kali ini kami akan memaparkan sedikit penjelasan mengenai gejala apa saja yang biasanya muncul saat seseorang terkena penyakit jantung koroner.

  • Kelelahan

Sering marasa leleh di saat tidak melakukan aktifitas apapun merupakan salah satu indikasi dari gejala penyakit jantung koroner, kondisi ini terjadi karena jantung anda bekerja lebih keras untuk memompa aliran darah melewati pembuluh darah yang tersumbat.

  • Pusing

Kondisi ini di sebabkan karena jantung tidak dapat dengan maksimal memompa cukup darah untuk di alirkan ke otak. Biasanya, orang yang memiliki penyakit ini akan gampang merasa goyah atau kliyengan saat berdiri atau melakukan aktifitas seperti biasa.

  • Sesak nafas

Orang yang memiliki penyakit jantung akan dengan otomatis memiliki jantung yang tidak berfungsi dengan normal, hal ini akan berimbas pada kelancaran pernapasan penderitanya sehingga membuar anda rentan mengalami sesak nafas. Gejala ini biasanya akan muncul berbarengan dengan gejala sakit pada dada.

  • Nyeri dada (Angina)

Angina adalah konsisi dimana otot jantung tidak mendapatkan pasukan oksigen yang cukup, angina akan terasa seperti tekanan pada dada yang biasanya akan muncul saat anda terlalu banyak berakitifitas.

Selain pada dada, rasa nyerinya juga bisa menjalar ke bahu, lengan, leher, rahang, atau punggung. Menurut American Heart Association, wanita cenderung melaporkan serangan jantung yang menyebabkan rasa sakit secara khusus di perut bagian bawah dan bagian bawah dada.

Namun perlu diingat juga, tidak semua nyeri dada adalah gejala penyakit jantung koroner. Nyeri dada akibat angina juga dapat disertai oleh gejala lainnya, seperti keringat dingin.

  • Keringat dingin dan mual

Penyakit jantung koroner akan mengakibatkan penyempitan pada pembuluh darah, hal ini berdampak pada otot-otot jantung yang akan kekurangan oksigen sehingga menyebabkan sutau kondisi yang bernama Iskemia. Konsdisi ini akan memicu keringat berlebih, yang kemudian muncul sebagai sensasi keringat dingin, gejala lain dari iskemia adalah dapat memicu rekasi mual dan muntah.

Jika anda mengalami beberapa tanda di atas, jangan pernah abaikan. Segera periksakan dan konsultasikan apa saja yang di alami untuk mengetahui penyebab serta penanganan apa yang tepat dari medis. Karena semakin cepat tindakan kesehatan dilakukan itu akan meperkecil kemungkinan lebih buruk untuk terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *